Metode penelitian data adalah dengan wawancara, observasi, dan kuisioner yang dianalisis melalui analisis diskriptif kualitatif. Hasil pengumpulan data ini kemudian dideskripsikan menggunakan presentase (%). Berdasarkan hasil analisis, kondisi higiene sanitasi penjualan makanan PKL Trisula Taman Bungkul Surabaya dalam menerapkan higiene terlaksana dengan baik sebanyak 72% dan dalam keadaan kurang baik sebanyak 28%, sedangkan dalam menerapkan sanitasi lingkungan sebanyak 28% dalam kondisi baik, sebanyak 48% dalam kondisi cukup baik, dan 24% dalam kondisi kurang baik.
Data tersebut menunjukkan bahwasanya kondisi sanitasi lingkungan dalam kondisi cukup baik yaitu sebanyak 48%. Jenis makanan yang dipilih konsumen didasarkan karena sesuai dengan selera dari segi harga, porsi, dan citarasa masakannya. Selain itu karena tempatnya yang dekat dengan tempat kerja mereka dan merupakan tempat favorit untuk menikmati makanan. Sikap konsumen dalam memilih tempat makan, menunjukkan sebanyak 56% peduli terhadap kondisi higiene sanitasi penjualan makanan dan 44% tidak mempedulikan kondisi higiene sanitasi penjualan makanan sehingga perlu diadakan pengawasan untuk menggugah kemauan penjamah dan kesadaran konsumen dalam menerapkan higiene sanitasi yang dapat dilakukan melalui edukasi diantaranya dengan cara penyebaran brosur tentang pentingnya makanan sehat untuk kesehatan tubuh.
Sumber : https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/1179