Abstrak Inisiatif program CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, Kelestarian Lingkungan) membuat tingkat kesadaran dan kepedulian akan hygiene dan sanitasi dari tamu yang berkunjung meningkat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh implementasi hygienedan sanitasi yang diterapkan di Martha Tilaar Gading Serpong terhadap kepuasan tamu yang berkunjung. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik nonprobability sampling dengan instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi hygiene dan sanitasi berpengaruh terhadap kepuasan tamu secara parsial maupun simultan. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,66 dengan arti bahwa pengaruh variabel hygiene (X1) dan sanitasi (X2) berpengaruh terhadap variabel kepuasan tamu sebesar 66%. Pengelola usaha Martha Tilaar Gading Serpong diharapkan tetap menerapkan dan mempertahankan implementasi hygiene dan sanitasi yang baik walaupun telah berada pada masa endemi karena berpengaruh besar terhadap kepuasan tamu, dengan harapan adanya kepuasan tamu dapat meningkatkan jumlah kunjungan yang berdampak ke pendapatan usaha. |