Penelitian dilakukan menggunakan metode survei terhadap 30 merchant best seller GoFood yang dipilih secara acak. Pertanyaan dalam kuesioner yang berpedoman pada regulasi pemerintah dan WHO terkait higiene sanitasi pangan digunakan untuk menilai praktik higiene sanitasi merchant selama pandemi. Evaluasi hasil penilaian dilakukan melalui uji Kruskal-Wallis dan Mann-Whitney untuk menganalisis pengaruh profil pemilik dan profil merchant terhadap nilai higiene sanitasi merchant. Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata nilai penerapan higiene sanitasi selama pandemi pada merchant sebesar 70,07 atau pada tingkat mutu sangat baik. Parameter profil pemilik yang berpengaruh signifikan terhadap penerapan higiene sanitasi, meliputi tingkat pendidikan, pengetahuan akan peraturan dan pengalaman sosialisasi. Sedangkan, parameter profil merchant yang berpengaruh signifikan terhadap penerapan higiene sanitasi, meliputi kepemilikan izin usaha, jumlah karyawan dan sistem shift. Adapun parameter yang berpengaruh sangat signifikan adalah profil pemilik tentang pengetahuan akan istilah higiene sanitasi.
Sumber : https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/204987