Lingkungan kerja yang baik menjadi idaman setiap karyawan. Dengan lingkungan kerja yang baik, karyawan menjadi lebih nyaman dan betah dalam bekerja. Karyawan juga akan merasa bersemangat dan penuh ide jika bekerja di lingkungan kerja yang baik dan mendukung. Apakah lingkungan kerja Anda sudah termasuk yang baik dan ‘sehat’? Bagaimana cara mengetahuinya? Berikut akan dijelaskan lima kriteria lingkungan kerja yang baik!
Manajemen yang Baik
Satu hal yang menjadi tolok ukur atau kriteria lingkungan kerja yang baik adalah manajemen. Manajemen menjadi penentu utama apakah karyawan betah bekerja di satu perusahaan atau tidak. Jika manajemen sebuah perusahaan tidak baik, hal tersebut akan menghasilkan turnover rate yang tinggi. Karyawan tidak akan betah berlama-lama tinggal di sebuah perusahaan dengan manajemen yang tidak baik dan tidak mendukung.
Tapi, jika manajemen sebuah perusahaan termasuk yang baik dan suportif (mendukung), hal tersebut akan memberi dampak bagi karyawan. Manajemen yang baik adalah manajemen yang mampu mengendalikan konflik kerja antar karyawan. Manajemen yang baik juga biasanya terbuka dengan segala pendapat dan gagasan dari para karyawan.
Dukungan antar Rekan Kerja
Di samping manajemen yang baik, hubungan yang suportif antar karyawan menjadi kriteria apakah sebuah lingkungan kerja tergolong baik atau tidak. Setidaknya, lingkungan kerja yang baik bisa mengakomodasi komunikasi dan hubungan pertemanan yang baik antar karyawannya. Anda sebagai karyawan atau pun pimpinan bisa mengobrol santai dengan karyawan atau pimpinan lainnya. Jika tidak ada komunikasi yang akrab di antara karyawan selain masalah bisnis, bisa dikatakan lingkungan kerja tersebut tidak sehat.
Dukungan antar rekan kerja juga bisa dicapai lewat pemberian reward berupa kartu diskon. Salah satu produk dari Sodexo yang sesuai adalah Sodexo Discount Pass, dimana pemegang atau pengguna kartu ini berhak mendapatkan tambahan diskon atau potongan harga ketika melakukan transaksi di merchant Sodexo. Cara penggunaannya cukup mudah, tinggal menunjukan kartu Sodexo Discount Pass yang dimiliki, lalu pihak merchant akan melakukan verifikasi, setelah itu diskon akan diberikan. Karyawan akan merasa senang dengan reward ini dan hubungan antar rekan kerja pun juga dipastikan semakin harmonis pula.
Bersih dan Nyaman
Apakah Anda merasa betah dan nyaman dengan ruang kerja yang saat ini ditempati? Di mana ruangan tersebut bersih dan nyaman? Ada seseorang yang selalu memastikan ruang kerja Anda bersih sehingga nyaman untuk digunakan bekerja? Jika jawaban dari semua pertanyaan tersebut adalah ‘ya’, maka lingkungan kerja Anda baik. Jika sebaliknya, maka lingkungan kerja Anda buruk.
Idealnya, lingkungan kerja yang baik adalah lingkungan yang dibersihkan setiap hari. Ada seseorang yang memastikan Anda bisa bekerja dengan nyaman di ruang tersebut. Tidak ada sampah, tidak ada debu, dan tidak ada serangga di dekat area kerja Anda. Jika lingkungan kerja Anda kumuh, kotor, dan berantakan, maka hal tersebut tidak baik bagi produktivitas dan kesehatan karena bisa memicu alergi maupun penyakit.
Memiliki Akses Air Bersih
Hal penting lain yang tidak boleh terlewat dari lingkungan kerja yang baik adalah akses air bersih. Entah itu untuk toilet ataupun konsumsi minum sehari-hari, kebutuhan air bersih di lingkungan kerja adalah hal mutlak yang tidak bisa ditawar. Jika lingkungan kerja Anda tidak memiliki akses air bersih untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari, hal tersebut bisa memicu penyakit yang bisa menurunkan produktivitas. Begitu juga jika tidak ada air bersih di toilet. Virus, kuman, dan bakteri akan berkembang bebas di air kotor. Masihkah Anda mau bekerja di lingkungan kerja seperti ini?
Ada Personal Space
Lingkungan kerja yang baik adalah lingkungan kerja yang menyediakan personal space. Karyawan akan merasa lebih penuh ide dan motivasi jika berada di ruang kerja yang memiliki personal space. Meski kantor Anda tidak terlalu luas dan hanya memiliki sedikit space, namun hal tersebut bisa diakali dengan memberi sekat dan pembatas antar ruang kerja satu dan yang lain.
Menempatkan terlalu banyak karyawan dalam satu ruang hanya akan memengaruhi personal space dan produktivitas kerja. Mengingat, tidak semua orang bisa dengan nyaman bekerja dalam satu ruangan penuh orang. Ada yang lebih memilih untuk bekerja di satu personal space sendiri agar produktivitas tetap terjaga. Sebab itulah personal space di sebuah lingkungan kerja adalah penting.
Bagaimana, apakah tempat kerja Anda termasuk dalam kriteria lingkungan kerja yang baik? Jika memang demikian, selamat Anda bekerja di lingkungan yang tepat. Tapi jika tidak, jangan ragu untuk mendiskusikan hal ini dengan yang lain.
Leave a Reply