Virus Corona Covid-19 tengah menghantui masyarakat dunia. Semua pihak diharapkan membatasi diri untuk mencegah penularannya.
Tentu hal ini berdampak terhadap segala lini, termasuk bisnis online. Masyarakat khawatir dengan barang-barang yang dibeli secara online karena bisa menjadi media penularan virus Corona Covid-19.
Namun, toko online Blibli menepis kekhawatiran tersebut. Di tengah pandemi Corona Covid-19, Blibli ikut menjalankan imbauan social distancing.
“Sejalan dengan arahan dan instruksi pemerintah, Blibli juga menerapkan konsep social distancing, termasuk di warehouse pengiriman barang. Blibli mengimbau untuk melakukan less contact dan/atau no contact mulai dari gudang hingga ke pengantaran barang,” Lisa Widodo, Executive Vice President (EVP) of Operations Blibli dalam keterangan resminya.
Lisa menjelaskan contactless shipping atau pengiriman tanpa kontak dilakukan untuk mengurangi kontak antara kurir dan konsumen. Tanda tangan di electronic dan gadget handphone yang sebelumnya menjadi prasyarat serah terima produk dari kurir ke pelanggan, untuk sementara tidak dilakukan. Hal ini diganti dengan pengambilan foto saat menerima barang.
“Kurir Blibli Express Service (BES) dibekali dengan masker dan sarung tangan. Hal ini untuk menjamin kebersihan dan keamanan produk saat tiba di rumah pelanggan. Mitra logistik Blibli juga telah menerapkan standar prosedur pengiriman yang sama yaitu pengiriman tanpa kontak,” dia menambahkan.
Monitoring Kesehatan Karyawan
Manajemen Blibli secara berkala melakukan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh karyawan sebelum memulai aktivitas di kantor. Selain itu, mulai Rabu, 18 Maret 2020 manajemen telah mengambil keputusan untuk memberlakukan kerja #dirumahaja atau Work from Home (WFH) selama 14 hari bagi seluruh karyawan. Selama masa WFH ini, manajemen akan melakukan sterilisasi ke seluruh Gedung.
Mengingat pentingnya peran Blibli sebagai platform e-commerce dalam situasi seperti ini, di mana masyarakat disarankan untuk tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah, Blibli akan memastikan bahwa keseluruhan proses bisnis dapat tetap berjalan dengan efektif dan efisien, meskipun memberlakukan WFH.
Advertisement
“Ini adalah saat penting untuk dapat lebih memberikan kontribusi positif bagi Indonesia, serta memastikan kebutuhan masyarakat luas tetap dapat terpenuhi,” dia mengatakan.
Selama masa WFH, layanan Blibli masih beroperasi normal, termasuk warehouse, BES, dan Customer Care. Hal ini untuk menjamin aktivitas pengiriman barang tetap dapat sampai di rumah pelanggan tepat waktu. Tentunya, Blibli juga menyediakan masker dan sarung tangan kepada setiap BES sesuai dengan standar kebersihan dan keamanan yang berlaku.
“Karyawan diharapkan untuk terus menjaga kesehatan dengan menjalankan pola makan sehat, istirahat dan olahraga cukup, serta menjaga kebersihan secara rutin,” ujar Lisa.
Selain itu, Blibli juga mengimbau karyawan untuk tidak berlibur ke negara-negara berisiko tinggi dan memanfaatkan momen social distancing ini untuk berada di rumah, guna menghindari meluasnya penyebaran COVID-19.
“Sebelumnya bagi karyawan yang pernah keluar negeri karena dinas atau liburan, maka kami juga telah menerapkan karantina diri (self-quarantine) selama 14 hari (tidak keluar rumah),” Lisa menegaskan.
Sumber : https://www.liputan6.com/regional/read/4209131/jaminan-sanitasi-toko-online-di-tengah-pandemi-covid-19?page=3