Pelayanan klinik sanitasi pada masa pandemi covid-19 di Puskesmas Kampak mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien Penyakit Berbasis Lingkungan (PBL), hal ini dikarenakan pasien takut untuk berkunjung di klinik sanitasi dan kurangnya koordinasi dengan lintas program terkait. Jumlah kunjungan pasien di klinik sanitasi pada masa pandemi Covid-19 hanya 1 atau 2 pasien untuk setiap bulannya, dengan permasalahan ini dimunculkan inovasi NAIK TALI (pelayanan klinik sanitasi online) dengan menggunakan aplikasi whatsapp. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan jumlah kunjungan pasien Penyakit Berbasis Lingkungan (PBL) di klinik sanitasi dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan lingkungan di Puskesmas Kampak. Kegiatan inovasi ini dilakukan uji coba selama 2 minggu dan dihasilkan peningkatan cakupan jumlah kunjungan pasien Penyakit Berbasis Lingkungan (PBL) 1-2 pasien menjadi 8 pasien. Oleh karena itu, program inovasi ini perlu dilanjutkan dengan dukungan lintas program terkait agar capaian pelayanan klinik sanitasi dapat terus meningkat selama masa pandemi Covid-19.
Sumber : https://pkm-kampak.trenggalekkab.go.id/berita/vw-program-naik-tali-pelayanan-klinik-sanitasi-online-sebagai-upaya-peningkatan-capaian-pasien-pbl-pada-masa-pandemi-covid-19-di-puskesmas-kampak